Skip to main content


Informasi Tentang Ciri Virus Corona dan Cara Penularannya


Corona atau covid19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus ini masih berhubungan dengan virus yang juga menyebabkan wabah lainnya yaitu MERS dan SARS yang juga banyak memakan korban beberapa tahun lalu. Karena berupa virus, sebenarnya covid19 bisa sembuh dengan sendirinya sesuai dengan kekuatan sistem kekebalan tubuh seseorang.




Gejala yang disebabkan oleh virus ini pun sesuai dengan kekuatan tubuh penderitanya dalam melakukan perlawanan. Semakin kuat sistem imun, maka semakin minim gejala yang ditimbulkan. Sebaliknya, jika sistem imun penderitanya lemah, virus ini bisa menyebabkan gejala yang parah bahkan kematian. Bagi Anda yang belum mengetahui dengan jelas apa saja ciri virus corona, berikut ini adalah gejala yang ditimbulkannya dan cara penularan yang harus Anda ketahui.

Berikut adalah gejala virus corona yang umum diderita oleh mereka yang positif virus corona:

1. Diare.
Diare menjadi gejala awal virus corona telah masuk ke dalam tubuh. Diare yang terjadi tidak sering seperti diare yang diakibatkan bakteri dan juga tidak mengalami sakit perut.

2. Batuk kering.
Batuk kering merupakan gejala yang khas dari penderita corona. Batuk inilah yang juga menyebabkan penularannya karena saat batuk, pasien positif corona mengeluarkan droplet yang di dalamnya mengandung virus corvid19. Virus tersebut bisa dihirup langsung oleh orang sehat di sekitarnya dan menyebabkan orang yang terkontaminasi positif covid19. Beberapa pasien juga melaporkan batuk berdahak meski tidak sebanyak batuk kering.

3. Tenggorokan gatal.
Beberapa orang mengalami gatal tenggorokan di hari pertama dan kemudian disusul dengan batuk kering.

4. Demam.
Gejala demam sebagai ciri virus corona datang secara bertahap. Dimulai dari demam ringan lalu semakin menjadi tinggi hingga lebih dari 38 derajat. Gejala demam terjadi setelah tubuh mengalami batuk kering yang semakin mengganggu.

5. Sesak nafas.
Gejala sesak nafas datang saat batuk semakin sering dan biasanya terjadi di hari ke tujuh. Pada kondisi ini sebaiknya pasien sudah mendapatkan ventilator untuk membantunya bernafas dengan lebih baik. sesak nafas sering dibarengi dengan rasa sakit di dada saat bernafas.

6. Kehilangan indera perasa dan penciuman.
Pasien covid19 akan mengalami hilangnya indera penciuman dan perasa sehingga ia tidak bisa membedakan bau dan rasa makanan. Gejala ini bisa timbul di fase awal terinfeksi yang juga dapat Anda jadikan patokan untuk membedakan gejala corona dengan lainnya.

7. Pneumonia.
Gejala corona yang paling parah adalah timbulnya pneumonia. Pneumonia adalah kerusakan pada paru-paru yang menyebabkan seseorang tidak bisa bernafas. Pneumonia yang terjadi akibat corona merupakan pneumonia akut atau terjadi secara cepat. Gejala inilah yang kerap menimbulkan kematian bagi sebagian kecil penderita covid19.

Corona bisa ditularkan melalui droplet yang terhirup langsung oleh orang sehat di sekitarnya. Bisa juga ditularkan dari droplet yang mengandung virus dan menempel pada permukaan benda mati. Virus tersebut masih aktif hingga beberapa jam bahkan hari sehingga memiliki resiko menempel di tangan manusia dan kemudian masuk melalui hidung, mulut atau mata. Karena itu kita dihimbau untuk sering mencuci tangan dan meminimalkan menyentuh area wajah.


Jika Anda mengalami gejala penyakit menyerupai ciri virus corona, jangan buru-buru panik dan langsung ke rumah sakit. Disarankan agar Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu secara online melalui Halodoc. Halodoc juga bisa mengirimkan obat yang Anda butuhkan ke rumah sehingga anda tidak harus keluar rumah di masa pandemi.

Read Also