Skip to main content


Kapan Ganti Oli Motor Matic Paling Ideal? Ini Ulasannya!


Kapan sih harus ganti oli motor matic? Motor matic adalah salah satu jenis kendaraan bermotor yang selalu mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya motor matic yang beredar di jalanan.

Jika dibandingkan dengan motor biasanya, motor matic memang masih memiliki kekurangan, salah satu kekurangannya ialah tidak dapat memuat beban terlalu berat. Namun jika bicara mengenai perawatannya, pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan motor lainnya hanya saja ada sedikit perbedaan.




Tips Perawatan Motor Matic

Bagi Anda pengguna motor matic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat motor matic, diantaranya sebagai berikut :

1. Jika ingin menggunakan motor sebaiknya panaskan mesin motor terlebih dahulu saat pagi hari, Anda bisa melakukannya setidaknya sekitar 5-10 menitan, apabila sudah selesai motor pun siap digunakan untuk bermanuver. Namun, untuk motor keluaran baru sekarang, memanaskan mesin tidak membutuhkan waktu yang panjang. Cukup beberapa menit saja maka motor sudah siap digunakan.

2. Lakukan pengecekan kondisi tangki pada mesin motor, periksa speedometer instrumen motor yang menunjukkan kondisi tangki bensin. Jika jarumnya mendekati tanda yang berwarna merah, maka Anda harus melakukan pengisian bensin segera. Jangan pernah membiarkan tangki bensin dalam keadaan kosong sebab bisa merusak performa mesin.

3. Lakukan pemeriksaat terhadap berbagai komponen motor secara rutin dan pastikan semua dapat bekerja dengan baik. Jika ingin melakukan penggantian komponen, maka pastikan selalu menggunakan yang original.

4. Lakukan penggantian oli secara rutin sesuai anjuran buku manual atau tergantung kebutuhan.


Waktu Penggantian Oli Motor Matic yang Tepat

Penggantian oli secara efisien dapat diukur berdasarkan jarak yang sudah ditempuh dan penggunaan kendaraan. Berdasarkan banyak sumber, penggantian oli mesin pada motor matic paling tepat ialah saat jaraknya sudah mencapai 2.000-3.000 km. Bagi Anda yang jarak tempuh kendaraan setiap harinya mencapai 20-50 km sebaiknya ganti oli 2 bulan sekali.

Pastikan Anda memilih oli Idemitsu untuk memaksimalkan kinerja mesin motor matic Anda. Salah satunya ialah Idemitsu 4T SL/MB 10W-40 SS khusus bagi pengguna motor matic.


Read Also
Newest Post